Jumat, 17 Februari 2012

Brownies Chocolate Fudge

Kalo denger kata brownies, pasti yang kebayang pertama aroma coklat yang menggoda hmmm... Aku bukan pencinta coklat karena cenderung ngebuat eneg. Tapi ga tau napa tiba2 kebayang bau coklat yang harum en menggoda kayak bau kue brownies yang baru keluar dari oven. Mungkin terpengaruh nuansa valentine yang baru lewat beberapa hari lalu kali ya hehehe...
Cari-cari resep dari buku resep en akhirnya ketemu resep 'Brownies Chocolate Fudge'. Ada rasa penasaran waktu baca cara buatnya yang simple bgt (tanpa mixer sama sekali). Apa bisa jadi kue ya ? hehehe...
Daripada penasaran terus akhirnya aku putusin untuk nyoba. Bahan-bahannya cukup simpel sebenernya, tapi ada beberapa yang aku kurangin soalnya ga suka terlalu manis en ga ada bahannya di rumah hehe...Ini nih resepnya versiku:

Bahan A:
125gr mentega
250gr coklat masak jenis dark

Bahan B:
110gr tepung terigu (ayak hingga halus)
250gr gula coklat ato palm suiker
2sdt vanili
3 butir telur (kocok lepas)
100 gr kacang kenari / almond/ macadamia (dirajang kasar trus dipanggang dulu sampe renyah)
120 gr choco chip jenis dark

1sdm bubuk coklat utk taburan atas

Cara Membuat:
1. tim bahan A hingga leleh merata, jangan sampai mendidih agar uap air tidak masuk pada coklat. Dinginkan
2. Setelah bahan A hangat, masukkan bahan B satu per satu sampai semua tercampur rata (tips: masukan telur pada bagian terakhir)
3. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti en olesi mentega. Tuang adonan trus masukan ke dalam oven yang uda dipanaskan terlebih dahulu, panggang selama 40mnt dengan suhu sekitar 180 derajat.
4. Setelah 40mnt, keluarkan dr oven trus tutup permukaan loyang dengan aluminium foil dan panggang lagi selama 20 mnt.
5. Setelah proses pemanggangan selesai, keluarkan dari oven dan diamkan sampai hangat baru keluarkan dari loyang. Potong dan taburi dengan coklat bubuk.

Tips:
1. Pake loyang yang pendek aja biar matangnya lebih merata, aku ga ada loyang pendek di rumah jd pake yang agak dalam akhirnya yang pinggir kering bgt tapi tengahnya pas matangnya.
2. Karena warna brownies hitam pekat jadi agak susah menentukan kematangannya, Untuk tau uda matang apa belom coba tusuk2 pakai tusuk gigi. Kalo masi ada bagian yang menempel di tusuk gigi tandanya belum matang.

Ini penampakan sebelum masuk oven

ini nih yang uda matang. crispy on top,chewy inside...yummyyy

Brownies Chocolate Fudge dengan bubuk coklat tabur
Jenis brownies yang satu ini tergolong gampang bgt en rasanya enak lho... ga bikin eneg en begitu digigit rasa coklatnya melumer yummmyyyy...

Selamat mencoba juga ya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar